Banyak
cara mengetahui seberapa besar keberanian yang ada dalam diri sendiri. Bagi gw
salah satunya adalah jalan sendiri di wilayah yang gw g tau, bahasa yang
totally different and begitulah. Modal hape, google map dan yang penting
keberanian untuk tidak tau malu bertanya dan sok pinter.hahhahhah….
Honestly,
I am not the one who has a brave to walk alone to the place where I don’t know
well… but…kali ini menguatkan tenaga dan keyakinan kalau niatnya baik,
InsyaAllah ketemu orang-orang baik. Singkat ceritanya ini gara-gara baca
buku 30 paspor di kelas sang professor karyanya J.S. Khairen waktu di
Indonesia. Kayanya seru jalan sendiri, mencoba bangun hubungan baru dengan
orang lain di tempat yang bahasanya totally different dan jadilah hari ini
tiba-tiba nekat jalan sendiri ke tempat teman di Yamaguchi city. Sebenarnya
jaraknya dekat sama ube city sekitar sejam lebih dikit tapi harus ganti kereta
di tengah perjalan. Nah disini masalahnya, g tau tempat, mau nanya ke orang
juga…hmm…. Ya harus sadar sih tinggal d country side-nya Jepang jangan terlalu
berharap akan gampang menemui orang yang bisa berbahasa inggris. Tapi kembali
lagi, disinilah seninya gimana survive pokoknya yang penting semangat…pasti ada
jalan (g bisa bahasa pun nanti pasti ada jalan keluar…ujung2nya liatin
handphone kalau g ya pokoknya pasti ada jalan).
Ok
ceritanya pagi chatting sama teman (mahasiswa jepang) yang stay di Yoshida.
Kemaren-kemaren sih sempat bilang gw mau main kesana tapi belum tau kapan yang
jelas sebelum dia balik ke hometownya di shiga n lanjutin kuliahnya di US. Nah
tiba2 pagi tadi pas chat gw kepikiran aja mau kesana mau ke Rurikoji temple
(ini akibat mono n g tau mau kemana weekend ini….mau keliling ube lagi ke
downtown sana kayanya bosen) dan akhirnya gw buletin niat ke Yamaguchi.
Jam
11 cau dari dorm…ngayuh sepeda dan tadaaaaaaaa…..sampailah di Higashishinkawa.
Disini ada dua line…pas nyampe di stasiun udah 11.30. menurut jadwal kereta
nyampe jam 11.40 dan langsung berangkat. Oh ya mungkin udah pada tau kalau
transportasi di Jepang tepat waktu banget. Dibilang jam “segini” ya pasti
datang “jam segini”. Sangat jarang ada yang berubah (katanya sih begitu…but so
far kejadiannya memang seperti itu kok J).
Celingak-celinguk
geser2 screen hape berharap ada keajaiban datang sebelum 11.40. sampai 11.35
belum tau mau ngapain, beli tiketnya gimana, arah datang berangkat dan datang
dari mana gw g tau. Hampir hopeless dan berniat balik kanan aja tapi tiba-tiba
ada ibu-ibu yang datang. Dan ini percobaan pertama…
“sumimasen….
Sambil liatin layar hape yang jadwal keretanya dah di screenshoot dan bilang
“kore wa…..(dan gw g tau mau bilang apa lagi)”. Untungnya si ibu nyadar gw mau
ke Yudaonsen station, dibantu liatin jadwal dan ditemenin ke mesin beli tiket
yang tulisannya cacing semua (selama beberapa menit ini dia nyerocos pake
bahasa jepang yang gw g ngerti dia ngomong apa yang jelas menurut feeling gw
dia jelasin kalau keretanya berangkat jam 11.40 dan yang lainnya gw g
tau)…modal percaya aja trus dikasih tau kalau gw mesti nyeberang ke line dua
karena kereta nya berhenti di line 2. Dan…..yeayyy tiket udah line kereta
datangnya juga dah tau…. “Arigatoo gozaimasu” ya bu’…hahaha…
Nyampe
di line dua gw masih rada was-was… ini benar g ya…kebetulan ada anak-anak SMA…
nanya ke yang cewe seperti malu-malu kalau ditanyain dan yapp… grab someone
beside me to ask and make sure…nunjukin tiket n bilang gw mau ke Shin-Yamaguchi
(karena transit ke Yudaonsen di stasiun ini) trus dia jawab “hai” (ya udah lah
g usah nanya lagi…pasti dia g bisa bahasa inggris).
Pas
kereta datang gw nanya lagi (nyinyir ya..hahahah gpp demi keselamatan nyampe
tujuan..hohoho) n kali ini dia jawab “Yes, this is the train”…ok harusnya gw
percaya ya kalau dia bisa bahasa inggris tapi tingkat ketidakpercayaan gw masih
tinggi. Kereta berhenti, pintunya kebuka yapp…silahkan masuk…
Sepanjang
jalan googlemaps penyelamat gw…liatin rute n dah nyampe stasiun mana akhirnya
nyampe Shin-Yamaguchi 12.23 dan masalah baru lagi. Hmmm….banyak line di stasiun
ini dang w g tau yang ke Yudaonsen dimana. Dan yeayyyy anak SMA tadi nyamperin
n gw nanya lagi dan dia jawab “I will take you to the line” disini gw
percaya kalau dia benar-benar bisa bahasa inggris..hahahah chitchat sambil
jalan dia nanya gw dari mana kuliah dimana dan ngapain ke Yoshida (di
Yamaguchi). Ok…sampai di line dia nungguin sampai kereta berangkat …hmmm… God
really blesses me by helping me through kind people dan di kereta gw baru
nyadar lupa nanya nama dia n nanya balik dia dari mana, tinggal dimana (lumayan
kan buat nambah kenalan siapa tau bisa ngasih tau tempat2 yang menarik lainnya
di Jepang) karena pas ngobrol dia banyak nanyajadi gw Cuma punya kesempatan
ngejawab dalam waktu 3 menit jadwal kereta berangkat. Yah mudah-mudahan nanti
ada kesempatan bertemu lagi…
Ok..lanjut…12.44
nyampe Yudaonsen dan lagi-lagi masalah…tiket kereta gw tinggalin di box masinis
(karena pengalaman sebelumnya pas naik kereta ke Minaminakagawa tiket dikasih
pas mau turun ke masinis). Pas di luar gw liat antrian orang yang ngasihin
tiket ke officer stasiun… wewww….gw dapat masalah (gw dah deg-degan).y udah
jalan aja ntar bilang aja kalau tiket gw masukin di box dekat masinis. G jauh
dari officer Hiro san nunggu gw,dan gw lewat aja sambil muka kebingungan n
bilang tiket gw tinggalin di box masinis trus dia bilang…hmmm…ok just let it
be…let’s go…. Ok-ok..anggap aja gw aman kali ini..Thanks God ^^
Jalan
kaki dari Yudaonsen ke Rurikoji temple…ternyata jauuuhhhh…Hiro san dorong
sepedanya karena sepedanya Cuma satu jadilah kita jalan kaki. Ada sekitar 15
menit atau lebih gw liat ada bus berhenti dia bilang itu Yamaguchi station. “so
why didn’t you ask me to stop in Yamaguchi station?” (yamaguchi station ini
sebelahan sama Yudaonsen) dia bilang “sorry I did not realize”. Ujung2nya dia
baru nyadar seharusnya gw berhenti di Yamaguchi aja karena ke Rurikoji temple
lebih dekat dari Yamaguchi station. Oklah…kita lanjut jalan aja. Hiro san naruh
sepeda di Yamaguchi station dan kita lanjut jalan ke Rurikoji temple….jalan
kaki lagi sekitar 30 menit kayanya melewati pertokoan di pinggir jalan. Oh ya
pepohonan di sepanjang jalan di Yamaguchi lagi berwarna kuning dan merah karena
lagi autumn jadi bagus banget bagi gw yang g biasa liat pepohonan berubah warna
kaya gitu.
Berjalan
cukup jauh dan akhirnyaaaa….Rurikoji temple we were here ^^
Ok…..balik
ke Higashishinkawa station kali ini lewat Yamaguchi station jadwalnya 15.28 ada
yang ke Shin-Yamaguchi nyampe stasiun 15.23…sepp beli tiket say see you next
time to Hiro san dan mari kita pulang. Perjalanan pulang g terlalu banyak
kendala sebenarnya. 15.44 nyampe Shin-Yamaguchi jadwal kereta ke Ube 16.28 jadi
punya banyak waktu buat liat2 n berusaha memahami schedule…sedikit ragu pada
awalnya tp gw yakin banget kalau mau ke ube itu di line 8 jadi ya udah nekat
nunggu di line 8 dan yap…sekali lagi untukmake sure that I don’t take the wrong
train, kali ini masinis jadi sasaran. Nanya bahasa inggris dia bingung ya udah
gw bilang “Higashishinkawa, koko ressha” (ini salah pasti tp ya gw berharap
masinis nya tau dan dia jawab “hai, Higashishinkawa” ya udah akhirnya gw bisa
duduk ganteng sampai higashishinkawa station.
So
minggu depan ada cerita apa lagi ya????? Mudah2an nemuin tempat yang baru lagi
dan saat ini harus prepare buat besok senin when the new week will begin ^^
(kembali sadar kalau ke Jepang tu buat kuliah bukan jalan-jalan…hahahaha
NB:
maaf kalau bahasa asingnya aneh, sumbernya dari googletranslate hahahahha







Edoooo EYD nya bikin kepala mamak pusing 😂😂
BalasHapusbahasaku disini dah g ada yang bener mb', bahasa Indonesia ntah kemana, bahasa Inggris jangan di tanya, Jepang apa lagi...instingnya sekarang gimana bisa bertahan hidup mb' hahaha
Hapus