Minggu, 25 Oktober 2015

Rurikoji Temple



Banyak cara mengetahui seberapa besar keberanian yang ada dalam diri sendiri. Bagi gw salah satunya adalah jalan sendiri di wilayah yang gw g tau, bahasa yang totally different and begitulah. Modal hape, google map dan yang penting keberanian untuk tidak tau malu bertanya dan sok pinter.hahhahhah….
Honestly, I am not the one who has a brave to walk alone to the place where I don’t know well… but…kali ini menguatkan tenaga dan keyakinan kalau niatnya baik, InsyaAllah ketemu orang-orang baik. Singkat ceritanya ini gara-gara baca buku 30 paspor di kelas sang professor karyanya J.S. Khairen waktu di Indonesia. Kayanya seru jalan sendiri, mencoba bangun hubungan baru dengan orang lain di tempat yang bahasanya totally different dan jadilah hari ini tiba-tiba nekat jalan sendiri ke tempat teman di Yamaguchi city. Sebenarnya jaraknya dekat sama ube city sekitar sejam lebih dikit tapi harus ganti kereta di tengah perjalan. Nah disini masalahnya, g tau tempat, mau nanya ke orang juga…hmm…. Ya harus sadar sih tinggal d country side-nya Jepang jangan terlalu berharap akan gampang menemui orang yang bisa berbahasa inggris. Tapi kembali lagi, disinilah seninya gimana survive pokoknya yang penting semangat…pasti ada jalan (g bisa bahasa pun nanti pasti ada jalan keluar…ujung2nya liatin handphone kalau g ya pokoknya pasti ada jalan).
Ok ceritanya pagi chatting sama teman (mahasiswa jepang) yang stay di Yoshida. Kemaren-kemaren sih sempat bilang gw mau main kesana tapi belum tau kapan yang jelas sebelum dia balik ke hometownya di shiga n lanjutin kuliahnya di US. Nah tiba2 pagi tadi pas chat gw kepikiran aja mau kesana mau ke Rurikoji temple (ini akibat mono n g tau mau kemana weekend ini….mau keliling ube lagi ke downtown sana kayanya bosen) dan akhirnya gw buletin niat ke Yamaguchi.
Jam 11 cau dari dorm…ngayuh sepeda dan tadaaaaaaaa…..sampailah di Higashishinkawa. Disini ada dua line…pas nyampe di stasiun udah 11.30. menurut jadwal kereta nyampe jam 11.40 dan langsung berangkat. Oh ya mungkin udah pada tau kalau transportasi di Jepang tepat waktu banget. Dibilang jam “segini” ya pasti datang “jam segini”. Sangat jarang ada yang berubah (katanya sih begitu…but so far kejadiannya memang seperti itu kok J).
Celingak-celinguk geser2 screen hape berharap ada keajaiban datang sebelum 11.40. sampai 11.35 belum tau mau ngapain, beli tiketnya gimana, arah datang berangkat dan datang dari mana gw g tau. Hampir hopeless dan berniat balik kanan aja tapi tiba-tiba ada ibu-ibu yang datang. Dan ini percobaan pertama…

“sumimasen…. Sambil liatin layar hape yang jadwal keretanya dah di screenshoot dan bilang “kore wa…..(dan gw g tau mau bilang apa lagi)”. Untungnya si ibu nyadar gw mau ke Yudaonsen station, dibantu liatin jadwal dan ditemenin ke mesin beli tiket yang tulisannya cacing semua (selama beberapa menit ini dia nyerocos pake bahasa jepang yang gw g ngerti dia ngomong apa yang jelas menurut feeling gw dia jelasin kalau keretanya berangkat jam 11.40 dan yang lainnya gw g tau)…modal percaya aja trus dikasih tau kalau gw mesti nyeberang ke line dua karena kereta nya berhenti di line 2. Dan…..yeayyy tiket udah line kereta datangnya juga dah tau…. “Arigatoo gozaimasu” ya bu’…hahaha…



Nyampe di line dua gw masih rada was-was… ini benar g ya…kebetulan ada anak-anak SMA… nanya ke yang cewe seperti malu-malu kalau ditanyain dan yapp… grab someone beside me to ask and make sure…nunjukin tiket n bilang gw mau ke Shin-Yamaguchi (karena transit ke Yudaonsen di stasiun ini) trus dia jawab “hai” (ya udah lah g usah nanya lagi…pasti dia g bisa bahasa inggris).
Pas kereta datang gw nanya lagi (nyinyir ya..hahahah gpp demi keselamatan nyampe tujuan..hohoho) n kali ini dia jawab “Yes, this is the train”…ok harusnya gw percaya ya kalau dia bisa bahasa inggris tapi tingkat ketidakpercayaan gw masih tinggi. Kereta berhenti, pintunya kebuka yapp…silahkan masuk…
Sepanjang jalan googlemaps penyelamat gw…liatin rute n dah nyampe stasiun mana akhirnya nyampe Shin-Yamaguchi 12.23 dan masalah baru lagi. Hmmm….banyak line di stasiun ini dang w g tau yang ke Yudaonsen dimana. Dan yeayyyy anak SMA tadi nyamperin n gw nanya lagi  dan dia jawab “I will take you to the line” disini gw percaya kalau dia benar-benar bisa bahasa inggris..hahahah chitchat sambil jalan dia nanya gw dari mana kuliah dimana dan ngapain ke Yoshida (di Yamaguchi). Ok…sampai di line dia nungguin sampai kereta berangkat …hmmm… God really blesses me by helping me through kind people dan di kereta gw baru nyadar lupa nanya nama dia n nanya balik dia dari mana, tinggal dimana (lumayan kan buat nambah kenalan siapa tau bisa ngasih tau tempat2 yang menarik lainnya di Jepang) karena pas ngobrol dia banyak nanyajadi gw Cuma punya kesempatan ngejawab dalam waktu 3 menit jadwal kereta berangkat. Yah mudah-mudahan nanti ada kesempatan bertemu lagi…
Ok..lanjut…12.44 nyampe Yudaonsen dan lagi-lagi masalah…tiket kereta gw tinggalin di box masinis (karena pengalaman sebelumnya pas naik kereta ke Minaminakagawa tiket dikasih pas mau turun ke masinis). Pas di luar gw liat antrian orang yang ngasihin tiket ke officer stasiun… wewww….gw dapat masalah (gw dah deg-degan).y udah jalan aja ntar bilang aja kalau tiket gw masukin di box dekat masinis. G jauh dari officer Hiro san nunggu gw,dan gw lewat aja sambil muka kebingungan n bilang tiket gw tinggalin di box masinis trus dia bilang…hmmm…ok just let it be…let’s go…. Ok-ok..anggap aja gw aman kali ini..Thanks God ^^
Jalan kaki dari Yudaonsen ke Rurikoji temple…ternyata jauuuhhhh…Hiro san dorong sepedanya karena sepedanya Cuma satu jadilah kita jalan kaki. Ada sekitar 15 menit atau lebih gw liat ada bus berhenti dia bilang itu Yamaguchi station. “so why didn’t you ask me to stop in Yamaguchi station?” (yamaguchi station ini sebelahan sama Yudaonsen) dia bilang “sorry I did not realize”. Ujung2nya dia baru nyadar seharusnya gw berhenti di Yamaguchi aja karena ke Rurikoji temple lebih dekat dari Yamaguchi station. Oklah…kita lanjut jalan aja. Hiro san naruh sepeda di Yamaguchi station dan kita lanjut jalan ke Rurikoji temple….jalan kaki lagi sekitar 30 menit kayanya melewati pertokoan di pinggir jalan. Oh ya pepohonan di sepanjang jalan di Yamaguchi lagi berwarna kuning dan merah karena lagi autumn jadi bagus banget bagi gw yang g biasa liat pepohonan berubah warna kaya gitu.

Berjalan cukup jauh dan akhirnyaaaa….Rurikoji temple we were here ^^








Ok…..balik ke Higashishinkawa station kali ini lewat Yamaguchi station jadwalnya 15.28 ada yang ke Shin-Yamaguchi nyampe stasiun 15.23…sepp beli tiket say see you next time to Hiro san dan mari kita pulang. Perjalanan pulang g terlalu banyak kendala sebenarnya. 15.44 nyampe Shin-Yamaguchi jadwal kereta ke Ube 16.28 jadi punya banyak waktu buat liat2 n berusaha memahami schedule…sedikit ragu pada awalnya tp gw yakin banget kalau mau ke ube itu di line 8 jadi ya udah nekat nunggu di line 8 dan yap…sekali lagi untukmake sure that I don’t take the wrong train, kali ini masinis jadi sasaran. Nanya bahasa inggris dia bingung ya udah gw bilang “Higashishinkawa, koko ressha” (ini salah pasti tp ya gw berharap masinis nya tau dan dia jawab “hai, Higashishinkawa” ya udah akhirnya gw bisa duduk ganteng sampai higashishinkawa station.
So minggu depan ada cerita apa lagi ya????? Mudah2an nemuin tempat yang baru lagi dan saat ini harus prepare buat besok senin when the new week will begin ^^ (kembali sadar kalau ke Jepang tu buat kuliah bukan jalan-jalan…hahahaha


NB: maaf kalau bahasa asingnya aneh, sumbernya dari googletranslate hahahahha

Jumat, 23 Oktober 2015

Tokiwa Park


Yeap…. Here again… still in Ube city.. hmm…. Seperti judul di atas… TOKIWA PARK. Syukurnya ini taman lokasinya dekat kampus dan international house (dormintory where I live) soooo let’s walking…. Bangun pagi, jam 6an cusss berangkat ke tokiwa park. Tujuan nya Cuma satu menyaksikan seberapa menakjubkannya kah Tokiwa park ini?? (seperti yang direkomendasiin om Bakri sama tante Ina dengan menampilkan beberapa hasil jepretan mereka yang yaa,,,,yaaa…. Such a piece and beautiful park).
Menyusuri jalan yang malam sebelunya udah dikasih arah dengan suhu yang katanya mulai dingin (maklum baru beberapa hari nyampe dan ketika nyampe suhunya udah dingin) and believe me…it’s gonna colder and colder (lagi autumn soalnya and it’s gonna be worst when winter comes). Jalanan sepi..yap…karena masih jam 6an dan jalanan di daerah sini baru akan rame sekitar jam 8 an, anak sekolah seliweran dengan sepedanya dan mobil2 mulai melaju ke berbagai arah… sepertinya aktivitas perkantoran dimulai jam 9.
Sekitar 15 menit jalan santai belok aja kayanya..… sepertinya ini salah satu gerbang tokiwa park and…yeayy…. We were in. pohon, jalanan yang bersih, udara yang segar…. Hohohoo…such a nice place walaupun sepi. Di sekitaran kawasan taman ini g sesepi di luaran… banyak yang lagi jogging pagi… tapi kalau niatnya mau nebengin dedek2 unyu lari pagi…hmmm sepertinya ini bukan tempatnya… yang berseliweran Cuma nenek2 sama kakek2… hmm ok…ganti niat deh (kembali ke niat awal…mau liatin pemandangan..hahahahah)
Satu hal yang menarik disini setiap berpapasan dengan opa-opa dan oma2 di taman ini mereka pasti nyempetin bilang ohayo gozaimasu walaupun kadang kedengaran ngos-ngosan… awalnya ngiranya apa mungkin mereka basa-basi ya atau mungkin karena tau gw orang asing yang tiba2 datang di kota yang jauuuuuuuhhhhh banget dari keglamoran Tokyo dan kota metropolitan jepang lainnya… ditambah lagi dengan penampakan gw yang memang sangat jauh dari apa yang biasa mereka lihat, kulit eksotis (ini kata gw…hahaha..iya deh gelap), style yang g ada jepang2nya tapi begitu diperhatiin ini semua orang kalo berpapasan pasti nyapa…hmmmm…such an interesting thing. Mungkin memang budayanya kaya gitu kali ya….
Ok lanjut…jalan2 menikmati matahari dan pagi di Tokiwa park masih terus berlanjut… tujuan berikutnya, jembatan….hmmm…ya….nice bridge lah…yang bikin top nya masih tetap sama…bersiiiiiihhhhhhh.... let’s take a photo… J


Oh ya….sebelumnya juga disaranin bawa roti tawar kalau mau masuk park karena nanti bisa ngasih makan ikan dan merpati…sooo tujuan berikutnya ya jelas pengen liat segede apa ikan2nya n selapar apa merpatinya karena katanya kalau ada yang datang merpati nya pasti pada mendekat….insting minta makannya kambuh gitu…. But well... this short morning walk can be seen through the following pictures aja yapppppp



Welcome Party

PARTY

Lanjuuuuttttt………
Ok….pesta….yah kok pesta???
Seperti info yang didapat sebelum2 ini, orang jepang suka pesta…, party kali ini (5 oktober 2015) ceritanya welcome party buat kita mahasiswa baru yang baru masuk lab disini. Wewww…udah nyangka sih pasti mereka minum2 and makan-makan yang karena gw muslim, tidak semua bisa gw makan.
Untungnya siangnya udah makan banyak. Jadi ya santai donk…hahahaha… lagi-lagi sesuai perkiraan, pasti makannya mentah…hoaaaaa mulai sekarang mesti membiasakan diri makan makanan mentah.
Singkat cerita mereka bisa paham setelah sensei jelasin kalau kami g makan daging and minum alcohol. Soooo…pestanya berjalan lancar…only seafood and juice.
Yap… bir dan sake untuk mereka, kita cukup minum jus… seperti teman-teman jepang dan korea yang pernah berkunjung ke Indonesia dulu, mereka sama, kuat minum…grrrrrrr kayanya kalau gw ikutan minum g bisa ngalahin mereka (inget masa lalu waktu masih jaman jahiliyah dulu-tapi sekarang udah insyaf kok..beneran deh). Acara hanya berjalan dengan makan-makan, minum-minum, chit chat terbatas karena terhalang bahasa dan berakhir dengan pulang…ya took a photo di depan warung (warung ya…hahahah kosa kata gw).

this photo was taken from facebook page of my prof (Sakakibara) laboratary

Pulang naik taxi, gw sama sensei, satu orang temen dari Idonesia dan satu orang mahasiswa undergraduate. 4 lagi terpisah dan ujung-ujungnya besoknya gw tau kalau mereka lanjutin pesta minum sampai mabuk n pulang jam 2 malam…. (grrrrr…kenapa mereka g ngajak gw…. #eh)

Rabu, 07 Oktober 2015

Yamaguchi Univeristy (Tokiwa campus)





Wow….setelah seminggu baru semangat menulis mulai ada. Yaaa seminggu sudah…hohoho it has been a week I leave my country to live in Ube city-Yamaguchi prefecture. Jangka satu tahun ke depan berharap bisa melewati hari-hari yang akan sangat melelahkan ini.
Landing hari rabu minggu lalu setelah perjalanan cukup panjang bagi gw yang g bisa tidur di atas pesawat….weww badan ku remuk hooooaaaaa… Haneda International Airport…yeaaa di titik ini perjalanan berkelana mengejar master dimulai (lebay). Immigration report dan yeaappp….melewati garis batas petugas imigrasi, claim baggage dan keluar mencari yang jemput. Hmmmmm Matsuyama san (dari AsiaSEED) jemput. Ngobrol, perkenalan, basa-basi, trus check in for the local flight… loh..belum nyampe?? Yupppp gw harus terbang lagi ke prefecture Yamaguchi tepatnya di kota Ube. Sekitar 1,5 jam by flight dan itu g di dampingi karena Matsuyama nya dampingi teman2 yang mau ke Hiroshima. Sooooo….. selamat berpetualang.. bertiga doank sama dua orang teman dari ITB. Semua petunjuk pesawat berbahasa jepang. Pramugarinya berbahasa jepang. Tulisan cacing-cacing yang gw g bisa baca semua…whaaaattttt…oh God..tapi yahhh kalau niat baik mah tetap aja ya…InsyaAllah jalannya baik. Akhirnya berhasil juga landing dengan selamat di Ube airport. Ok…setelah diliat2 bandaranya bagus banget…ademmm… (gw kira bandaranya biasa2 aja..hahahhaah)
The moment after arrival in Ube airport menjadi cerita awalnya kebutaan huruf dan bahasa gw. Berencana nyari taksi eh ternyata di jemput sama mahasiswa supervisorku (sebelumnya sensei ku dah bilang sih mahasiswanya mau jemput - cuma ya g terlalu berharap aja sih jadi di jemput (gw lupa kalau gw dah g di Indonesia lagi)). Dan disinilah masalahnya…bahasa jepang gw nol…dan bahasa inggris mereka juga susah dan dengan mengandalkan gerakan tubuh dan ber “hai-hai” ria nyampe juga di ube international house.
Misscom pertamanya itu dimulai ketika mereka ngajak k kampus. Lah gw mikir donk secara sebelumnya sensei gw bilang dia g di kampus (posisi nya lagi di Tokyo pas gw nyampe Ube) tapi mereka malah ngajak ke kampus…wooowwww jangan bilang kita langsung kuliah (pikiran gw waktu itu). Gw nanya kenapa kita g k dormitory. Mereka malah g paham dormitory itu apa. Akhirnya ya udahlah ya…gw pasrah aja. Dari pada panjang lebar ngomong g ada pengertian antara kita (halahhhhhhh). Terserah mereka mau bawa kemana yang penting pesan sensei gw mereka yang akan jemput. Manut aeee lah.
Ok….dan nyampe d kampus, ternyata malah mereka bawa ke dorm….aaaarrrgghhhhhh (udah susah payah nanya tadi kita ke dormitory atw g n mereka g tau maksdnya dan gw juga g tau maksud mereka). Hahahaha….. setelah registrasi macam-macam, sampai lah waktunya di kasih kunci kamar…..yeeeeeeee…waktunya istirahat… sesuai pesanan, ada futon (dapat harga ¥6000) di tempat tidur… ¥11.200/month for rent fee. katanya teman2 yang di jepang sudah murah (tolong jangan dirupiahin yaaaaaaaaa) dibanding sama rent fee teman2 gw yang d daerah kota sana (Tokyo, Osaka dan sekitarnya sampai ¥50000-an). Hohohoh…begitulaaaaahhhh murahnya sekali lagi asal jangan dirupiahin…
Dan begini nih penampakan kamarnya….
 pintu kamar, kamar mandi dan dapur

kulkas, microwave, lemari dan meja (sorry they are so messy)


tempat tidur sama futonnya di atas (pakain habis dijemur di atasnya lagi...grrrrr... maklum ya kamar cowo') hahahahahhahhaaah